MAKSUD Cemburu Dalam Islam Dan Penawarnya

Berdasarkan pendapat  Abdullah bin Syaddad, terdapat dua kategori cemburu atau ghirah. Yang pertama, ghirah bisa memperbaiki jalinan kasih dalam rumah tangga. Dan yang kedua ghirah ini justru akan menceburkan anda ke dalam panas neraka. Nabi Muhammad SAW bersabda, terdapat dua kategori cemburu yang disukai Allah SWT dan yang dibenci oleh Nya. Perkara yang disenangi adalah cemburu, sedangkan yang dibenci adalah ketika rasa itu dilandasi keraguan.

MAKSUD Cemburu Dalam Islam Dan Penawarnya

Cemburu itu sifat alami

Cemburu adalah perilaku normal bagi insan manusia kepada pasangannya. Perasaan ini bisa menjadi bumbu penyedap dalam kehidupan rumah tangga anda. Cemburu juga bisa meningkatkan kepuasan batin, kemesraan dan keharmonisan dalam pernikahan. Rasa cemburu tetap baik bagi hubungan anda yang menandakan rasa cinta mendalam. Tapi jangan sampai cemburu muncul terlalu berlebihan, karena justru akan berdampak fatal bagi hubungan suami istri. Setiap cemburu harus dihadapi dengan kelembutan, ketenangan, kejujuran, kebijaksanaan, keadilan dan kesabaran.

Penawar cemburu berlebihan

Cemburu adalah bumbu dalam rumah tangga, tapi cemburu yang membabi buta justru mengancam keutuhan pernikahan anda. Hindari sifat buruk ini, supaya keharmonisan selalu terjalin dalam kehidupan rumah tangga. Berikut ini beberapa tindakan baik yang bisa anda terapkan demi kemesraan hubungan asmara anda dan pasangan.
  • Setiap suami dan istri wajib bertakwa kepada Tuhan, sehingga tidak larut dalam hawa nafsu, ketika mengalami perasaan cemburu. Karena cemburu berlebihan akan selalu berujung dengan berprasangka buruk. Padahal ini tidak terbukti atau tanpa dasar yang kuat. Keadaan ini yang berlarut-larut bisa mengancam kelanggengan pernikahan anda.
  • Selalu gunakan akal sehat, ketika rasa cemburu menyerang. Perasaan hati yang ditunggangi nafsu emosi akan membakar habis faktor kenyataan atau yang bisa dilihat oleh indera penglihatannya. Mengedepankan akal sehat akan mengurangi peran perasaan, sehingga bisa berpikir lebih jernih.
  • Anda harus menahan diri ketika dihinggapi rasa cemburu. Sehingga anda tidak melakukan perbuatan yang justru dilarang oleh agama.
  • Jangan pernah memuji kelebihan pria atau wanita lain di depan pasangan anda. Karena setiap orang tidak ada yang suka direndahkan, maka anda pun tidak boleh merendahkan siapapun. Jangan pernah membandingkan pasangan anda dengan orang lain yang lebih baik. Karena hati pasangan bisa terluka dan menganggap anda tidak menghargai kehadiran pasangan. Jadi bertindak bijaksana, supaya jangan menyulut api pertengkaran yang berujung pada keretakan rumah tangga.
  • Setiap pria dan wanita menginginkan kalau dirinya adalah satu-satunya pujaan hati yang anda di hatinya. Dia ingin menjadi tambatan hati terbaik, paling mulia, paling dicintai dan tidak ada tempat bagi orang lain di sisinya. Sehingga jangan sampai anda menodai kepercayaan itu dengan cemburu membabi buta.
  • Rasa cemburu adalah normal, tapi anda harus berperilaku bijak mengatasinya. Perasaan cemburu sebenarnya menjadikan anda untuk lebih dekat dengan pasangan anda. Bukan malah menjadikan pasangan menjauh dan berpaling pada orang lain. Anda harus memperbaiki sifat dan kelakuan yang tidak disukai pasangan, selalu berpenampilan dengan menarik dan lain sebagainya.


Tinggalkan Komentar: