Standard Desain Perpustakaan Sekolah

Standard Desain Perpustakaan Sekolah


Standard desain perpustakaan sekolah yang ada di Indonesia memiliki ketentuan-ketentuan sebagai berikut :
  • Lokasi yang mudah dijangkau baik bagi pendidik ataupun peserta didik serta tenaga kependidikan yang berada tepat di central pembelajaran.
  • Memiliki lokasi yang aman dan tenang dan jauh dari pusat kegaduhan
  • Gedung atau ruang perpustakaan memiliki luas ruangan yang sudah ditentukan sesuai dengan tingkat presentase kunjungan, serta memiliki ruang yang cukup untuk penempatan koleksi beserta staff dan para pemustakanya, selain itu juga memiliki ruang baca juga ruang kerja.
  • Sarana yang tersedia juga harus memiliki berbagai kebutuhan seperti rak majalah, rak buku, rak untuk surat kabar, meja baca beserta kursinya, meja kerja beserta kursinya, lemari dan lemari catalog, tv, perangkat komputer beserta mejanya, rak untuk buku referensi, papan pengumuman, meja sirkulasi, tempat sampah dan jam dinding.
Sementara itu, perpustakaan yang ideal yaitu perpustakaan yang mampu memenuhi kebutuhan pengunjungan serta bisa memaksimalkan fungsinya sebagai sarana dalam bidang pendidikan, selain itu perpustakaan juga bisa mengimbangi laju teknologi yang ada dan menjadi pusat informasi yang bisa memaksimalkan kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah. Agar standard desain perpustakaan sekolah yang ada bisa terpenuhi, memerlukan kerja sama penuh dari pihak sekolah, termasuk para guru untuk selalu memberikan pengawasan, tinjauan dan masukan agar perpustakaan yang ada bisa semakin berkembang.
Mengembangkan suatu perpustakaan bukanlah hal yang mudah meskipun sudah memiliki standar yang ditentukan pemerintah. Dengan semakin majunya laju teknologi, terutama penggunaan internet akhir-akhir ini mengakibatkan fungsi perpustakaan di sekolah mengalami banyak penurunan. Untuk mengatasi hal itu perlu diadakan pula penyelarasan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pada perpustakaan sekolah , yaitu menghadirkan e-learning yang berbasis pada penggunaan internet sehingga apa yang diharapkan bisa menarik minat para siswa untuk lebih aktif dalam mengembangkan minat membaca.
Karena perpustakaan merupakan suatu sarana agar proses pembelajaran yang sedang dilakukan bisa mencapai visi dan misi yang ada pada sekolah, maka perpustakaan diharapkan akan selalu melakukan penyelarasan, pembaruan dan juga berinovasi dalam bidang teknologi yang terkini sehingga hasil yang dicapai akan sesuai dengan standar desain perpustakaan sekolah.

Tinggalkan Komentar: