Desain Masjid Minimalis di Perkotaan

Desain Masjid Minimalis di Perkotaan



Desain masjid minimalis di perkotaan merupakan salah satu pilihan yang sedang naik daun akhir-akhir. Konsep minimalis yang hadir guna mengatasi terbatasnya lahan yang digunakan, kini juga diterapkan pada masjid, yang merupakan tempat peribadatan bagi umat Muslim. Kebutuhan akan didirikannya Masjid terus meningkat dari waktu ke waktu, namun hal ini terkendala akan lahan yang tersedia tidak terlalu banyak. Dimana pada era modern sekarang ini harga lahan terus meningkat, sehingga perumahan yang disediakan pun juga turut berkurang luasnya, dan hal ini juga berimbas pada terbatasnya lahan yang bisa digunakan untuk membangun tempat peribadatan.

Guna mewujudkan akan kebutuhan rohani di masyarakat perkotaan, maka pembangunan masjid berkonsep minimalis sangat penting. Selain bisa mengurangi anggaran dana yang dibutuhkan, masjid yang dihasilkan juga terlihat modern, megah dan berkelas. Konsep minimalis juga mampu membuat ruangan masjid terlihat lebih lapang dan nyaman, sehingga para jemaat pun bisa tetap menjalankan ibadahnya dengan tenang dan nyaman. Pembangunan masjid minimalis tidak membutuhkan lahan yang luas serta megahnya kubah-kubah yang diaplikasikan. Penggunaan kubah pun bisa digantikan dengan bentuk yang lain yang harganya jauh lebih murah namun tetap tidak menghilangkan fungsinya sebagai sebuah masjid.

Selain sebagai tempat peribadatan, masjid sendiri juga tempat bersosialisasi bagi masyarakat muslim. Hal ini terlihat dari seringnya masyarakat memanfaatkan masjid untuk berbagi jenis kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan. Selain itu masjid juga merupakan tempat peristirahatan bagi umat muslim, dimana mereka datang hanya untuk sekedar melepas lelah. Oleh karena itu, pembangunan ,masjid yang nyaman sangatlah penting dan mudah dalam perawatannya adalah hal yang penting.


Selain penghematan ruang dan pengurangan anggaran biaya yang dibutuhkan, masjid berkonsep minimalis juga terlihat lebih asri jika dipadukan dengan hadirnya rerumputan atau bunga-bunga kecil sehingga akan membuat nyaman para penggunanya. Hal lain yang bisa dilakukan dalam mendesain masjid minimalis adalah memilih warna-warna terang agar masjid terlihat bersih dan suci, serta gunakan material bangunan yang mampu mengurangi suara bising dari luar untuk menjaga para jemaat tetap khusyuk dalam melaksanakan salat. Bentuk suatu bangunan juga turut menentukan desain minimalis masjid di perkotaan. 

Tinggalkan Komentar: