1O Hikmah Rasa Cemburu

Ada ungkapan yang menyatakan bahwa cemburu merupakan tanda cinta. Ini seratus persen benar. Cemburu yang masih dalam batas wajar justru dapat mempererat keharmonisan hubungan. Cemburu menjadi bukti bahwa pasangan sayang pada kita dan mengkhawatirkan kita. Pasangan tidak ingin hubungan goyah karena hal-hal tidak penting. Apabila pasangan dapat melaluinya dengan baik, hubungan keduanya justru akan semakin harmonis. Ya, cemburu memang tidak selamanya berkonotasi negatif. Cemburu dapat juga membawa hikmah bagi pasangan dan hubungan. Berikut adalah sepuluh hikmah rasa cemburu.

Hikmah Cemburu

1.      Hubungan Semakin Harmonis
Cemburu merupakan bumbu cinta yang baik untuk memupuk hubungan. Ketika Anda merasa cemburu, biaralah bak-baik dengan pasangan. Ketika pembicaraan berakhir baik, hubungan pun akan semakin baik. Kedua belah pihak akan saling menyadari bahwa mereka saling mencintai dan butuh sesuatu yang mampu memupuk perasaan mereka.

2.      Rasa Sayang Bertambah
Dengan cemburu, kedua belah pihak akan saling menyadari bahwa mereka saling membutuhkan. Mereka akan berusaha memupuk kembali hubungan denhgn cara yang manis. Hal ini akan menambah rasa sayang keduanya.

3.      Menjadi Lebih Saling Percaya
Cemburu berawal dari ketidakpercayaan. Setelah ada pembicaraan yang berakhir baik, cemburu akan berganti dengan rasa percaya yang lebih dari sebelumnya.

4.      Komunikasi Lebih Terjaga
Hal yang bisa menjadi pemicu cemburu adalah kurangnya komunikasi di kedua belah pihak sehingga banyak hal yang terlewat. Setelah ada cemburu, komunikasi pasti akan lebih terjaga dan hubungan pun semakin baik.

5.      Lebih Instrospeksi Diri
Pasangan cemburu pasti karena suatu hal yang telah kita lakukan. Dengan dicemburui pasangan, kita dapat berkaca pada dri sendiri mengenai kesalahan apa yang telah diperbuat hingga pasangan merasa cemburu.
Begitu pun dengan pasangan. Ketika dia mencemburui kita, dia akan berkaca pada dirinya sendri. Kira-kira apa dari dirinya yang membuat kita melakukan suatu hal salah.

6.      Lebih Menghargai Pasangan
Dicemburui akan membuat kita lebih menghargai pasangan, begiu pula sebaliknya.

7.      Lebih Menghargai Diri Sendiri
Ketika kita merasa rendah diri dan mencemburui pasangan, bicarakanlah. Nisaya setelah itu Anda akan lebih menghargai diri Anda karena pasangan memilih Anda tentu karena ada sesuatu yang unik dan tidak dimiliki orang lain.

8.      Belajar Ikhlas
Apabila cemburu dipicu oleh orang ketiga dan pasangan lebih memilih bersama orang ketiga tersebut, bersyukurlah. Anda diajari untuk ikhlas menerima kenyataan. Pasangan yang seperti itu bukanlah orang yang terbaik untuk Anda. Masih banyak orang lain yang lebih baik daripada pasangan Anda.

9.      Sarana Pendewasaan Diri
Cemburu merupakan sarana pendewasaan diri di mana Anda dan pasangan akan terlibat pembicaraan serius.

10.    Lebih Memahami Satu Sama Lain
Dengan cemburu, Anda justru bisa menggali banyak informasi dari pasangan. Apa yang belum Anda ketahui dapat diperoleh dari permulaan cemburu. Kuncinya adalah jangan terburu nafsu. Bicaralah baik-baik dengan pasangan saat Anda mulai merasa curiga.

Tinggalkan Komentar: