Standard
Desain Perpustakaan Sekolah
Standard desain perpustakaan sekolah
yang ada di Indonesia memiliki ketentuan-ketentuan sebagai berikut :
Lokasi
yang mudah dijangkau baik bagi pendidik ataupun peserta didik serta
tenaga kependidikan yang
berada tepat di central pembelajaran.
Memiliki
lokasi yang aman dan tenang dan
jauh dari pusat kegaduhan
Gedung
atau ruang perpustakaan memiliki luas ruangan yang sudah ditentukan
sesuai dengan tingkat presentase kunjungan, serta memiliki
ruang yang cukup untuk penempatan koleksi beserta staff dan para
pemustakanya, selain itu juga memiliki ruang baca juga ruang kerja.
Sarana
yang tersedia juga harus memiliki berbagai kebutuhan seperti rak
majalah, rak buku, rak untuk surat kabar, meja baca beserta
kursinya, meja kerja beserta kursinya, lemari dan lemari catalog,
tv, perangkat komputer
beserta mejanya, rak untuk buku referensi, papan pengumuman, meja
sirkulasi, tempat sampah dan jam dinding.
Sementara
itu, perpustakaan yang ideal yaitu perpustakaan yang mampu memenuhi
kebutuhan pengunjungan serta bisa memaksimalkan fungsinya sebagai
sarana dalam bidang pendidikan, selain itu perpustakaan juga bisa
mengimbangi laju teknologi
yang ada dan menjadi pusat informasi yang bisa memaksimalkan kegiatan
belajar mengajar siswa di sekolah. Agar standard desain perpustakaan sekolah
yang ada bisa terpenuhi, memerlukan kerja sama penuh dari pihak
sekolah, termasuk para guru untuk selalu memberikan pengawasan,
tinjauan dan masukan agar perpustakaan yang ada bisa semakin
berkembang.
Mengembangkan
suatu perpustakaan bukanlah hal yang mudah meskipun sudah memiliki
standar yang ditentukan pemerintah. Dengan semakin majunya laju
teknologi, terutama penggunaan internet akhir-akhir ini mengakibatkan
fungsi perpustakaan di sekolah mengalami banyak penurunan. Untuk
mengatasi hal itu perlu diadakan pula penyelarasan kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi pada perpustakaan sekolah , yaitu
menghadirkan e-learning yang berbasis pada penggunaan internet
sehingga apa yang diharapkan bisa menarik minat para siswa untuk
lebih aktif dalam mengembangkan minat membaca.
Karena
perpustakaan merupakan suatu sarana agar proses pembelajaran yang
sedang dilakukan bisa mencapai visi dan misi yang ada pada sekolah,
maka
perpustakaan diharapkan akan selalu melakukan penyelarasan, pembaruan
dan juga berinovasi dalam bidang teknologi yang terkini sehingga
hasil yang dicapai akan sesuai dengan standar desain perpustakaan
sekolah.
|